Menjadi Pegawai PLN #2 : Tes Intelejensi, Bahasa Inggris, dan Psikotest

Halo guys. Kali ini saya mau lanjutin pos sebelumnya tentang Menjadi Pegawai PLN. Bagi yang belum baca bagian pertama. Bisa cek di sini!

Beberapa hari setelah pendaftaran di Jobfair itu, saya menuju ke Jakarta, mendaftar beberapa perusahaan. Ada yang goal, tapi orang tua tidak setuju. hati juga setengah-setengah. Akhirnya saya gak mengambil kesempatan itu.

PLN yang sudah lama saya daftari belum ada kabar juga. Sampai akhirnya ada panggilan untuk mengikuti tes intelejensi, bahasa inggris dan psikotes. Tesnya dibagi ke 3 hari. Satu hari 1 tes. Karena saya rekrutmen Surabaya, maka saya mengikuti tesnya di Surabaya. Ketika waktu itu, saya tes di Universitas PGRI di daerah Jl. Ahmad Yani.

Sehari sebelumnya saya sempet cek lokasi dulu. Biar nanti kalo udah hari-H udah langsung menuju ke sana. Penting nih guys. Sebelum kamu tes, ada baiknya untuk cek lokasi dulu untuk memudahkanmu ketika hari-H. Dan benar saja, saya langsung menuju tempat tes tepat waktu. Beberapa teman saya ada yang kesasar dan menelpon saya.

Hari pertama tes adalah tes intelejensi. Tes intelejensi ini isinya nyocokin arti kata, deret, pola dsb. Intinya di tes intelejensi ini ngukur logika dasar kita. Yang sulit itu kita harus bayangin kotak kubus yang tiap sisinya punya gambar yang berbeda. Lalu kubusnya dibalik-balik dan kita harus menebak kalo dibalik, bentuk kubusnya kaya gimana.

Selanjutnya adalah tes akademik dan bahasa inggris. Ketika tes ini, saya sempet salah sangka. saya kira tes potensi akademik -_-. Pas dibuka soalnya adalah soal yang berhubungan dengan pendidikan kita. Karena saya adalah IT, maka soalnya adalah tentang sistem informasi, database, jaringan dsb. Selanjutnya adalah tes bahasa inggris. Cukup susah karena ada listeningnya. Tapi alhamdulillah lancar jaya sejahtera.

Lalu hari terakhir adalah tes psikotest. Tes psikotest ini bisa dibilang adalah tes yang sulit. Tidak ada benar atau salah. Apapun hasil tesmu, yang jelas kalo cocok dengan kepribadian yang dimau sama perusahaan, maka kamu akan lolos. Tes psikotest berisi pertanyaan-pertanyaan yang lebih kepada menggali informasi diri kita. Contohnya seperti : “Apakah kamu suka sendiri?”, “Jika kamu jadi bagian tim, kamu akan?”. Kira-kira seperti itu. Oiya, di akhir ada tes pauli. Tes pauli ini adalah tes yang isinya adalah, kita diharuskan menambahkan angka-angka secara cepat dan tepat.

Oke mungkin itu adalah tes-tes yang harus dilalui kalo kamu pengen masuk PLN. Intinya silakan persiapkan sedini mungkin. kalo kamu browsing, coba aja download soal-soal yang intinya mengasah intelejensi kamu.

Oya. tahapan dari tes-tes tadi adalah sistem gugur. Jadi kalo kamu gak lolos di tes awal, kamu gak akan bisa ke tes selanjutnya.

Selamat mencoba dan good luck!

satriahelmy

Blogger

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *