Menjadi Pegawai PLN #1 : Berawal dari Jobfair

Halo guys! Sudah sekitar setahun saya menjadi pegawai PLN. Setahun pula saya merantau. Dan semuanya berawal dari Jobfair di DBL Arena.

PLN adalah perusahaan yang pertama kali saya lamar. Dan alhamdulillah menjadi perusahaan tempat saya mengabdi sampai sekarang. Jujur sebenernya saya gak tahu kalo PLN ada rekrutmen. Tapi Ibu tiba-tiba telpon. Saya suruh apply. Pas itu saya masih di kampus. Ngurus wisuda dan tetek bengeknya.

Pas masuk PLN, yang paling penting adalah kita harus melakukan pendaftaran dan lolos seleksi administrasi. Syarat pendaftarannya kira-kira seperti di bawah ini :

  1. Belum menikah
  2. Diutamakan pria
  3. IPK (untuk lulusan informatika) minimal 3.0

Selanjutnya, kita juga perlu mempersiapkan dokumen antara lain :

  1. Surat lamaran yang ditujukan ke Divisi Pengembangan Talenta
  2. CV
  3. Copy Akta Kelahiran
  4. Copy Ijazah
  5. Copy Transkrip
  6. Copy KTP
  7. Surat keterangan belum menikah dari kelurahan
  8. Pas foto terbaru 3×4 sebanyak 2 lembar

Sebenernya syarat di atas ini masih lumrah karena di perusahaan manapun juga akan diminta persyaratan yang sama. Yang penting kita persiapkan sebelumnya.

Yang paling susah adalah surat keterangan belum menikah dari kelurahan. Jadi kamu harus antri dulu di kelurahan. Belum juga kalo lurahnya ada. Pastikan kamu mempersiapkannya.

Untuk pas syarat yang lain saya sudah bersedia banyak di hari-hari sebelumnya. Jadi tinggal collect aja. untuk foto, jauh lebih murah jika kamu ngeprint di digital printing dengan art paper A3. Harganya cuma 6rb. Iya 6 ribu. Lalu kamu bisa potong di tukang fotokopian. Tapi kalo mau lebih murah lagi ya potong sendiri pake gunting.

Salah satu hal yang bikin jengkel di Jobfair adalah antrainnya yang berjibun. Bahkan khusus PLN antriannya mengular sampai ke luar. Sangking banyaknya yang pengen banget masuk PLN. Belum lagi para pelamar yang gak tertib main serobot. Saran sih sabar aja. Insha Allah rejeki ada yang ngatur. Haha

Melihat banyak banget yang daftar. Makes you realize. Itulah temen-temenmu nantinya atau malah itu yang akan berdesakan untuk berebut masuk dan memperjuangkan tempat untuk masuk di PLN.

Capek? iya. Tapi untuk sesuatu yang kita inginkan perjuangan seberat apapun pasti bisa kita lalui.

Semangat bagi kamu yang mau daftar PLN. Selamat mempersiapkan diri!

satriahelmy

Blogger

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *