Surat Cinta untuk Starla the Movie

Halo guys. Akhirnya tadi saya sempatkan untuk nonton Surat Cinta untuk Starla the Movie. Film ini tayang serentak pada 28 Desember kemarin. Film ini adalah lanjutan dari short movie yang sebelumnya sangat laris di Youtube dengan judul yang sama.

Kalo belum nonton short movienya bisa cek di sini : Surat Cinta untuk Starla Short Movie

Sebelum lebih jauh, langsung cek dulu trailernya :

Film ini dibintangi oleh Caitlin Helderman as Starla dan Jefri Nicole as Hema Candra.

Oke saya mau cerita sedikit background cerita yang kita lihat di film pendeknya. Hema Chandra adalah seorang yang sangat menyukai mural. Ia sangat terobsesi sama mesin tik. Ia sering sekali dikejar polisi karena dianggap merusak fasilitas umum. Ketika proses pengejaran, Hema bersembunyi di dekat kafe tempat Starla bekerja. Starla mengira bahwa Hema adalah penjahat yang ingin berniat buruk ke dirinya. Ia pun memukuli Hema dan membuat Hema terluka. Dari kesalah pahaman itulah akhirnya Starla berkenalan dengan Hema dan merajut kisah cinta selepas Starla diputuskan oleh Bimo (pacar Starla yang kuliah di LN).

Sekarang masuk ke filmnya. Film ini adalah lanjutan dari short filmnya. Tapi ada sedikit cerita yang diulangi supaya yang belum menonton short movienya bisa mengikutinya. Adegan diawali dengan Hema yang dikejar polisi dan bertemu Starla.

Kisah Cinta 6 Jam

Hema dan Starla merajut kisah cinta muda-mudi. Mereka menyebut kisah cinta 6 jam. Proses yang mereka lalui sampai akhirnya jatuh hati antara keduanya. Di serialnya, Starla mengalami konflik mulai dari mobil starla diderek polisi, sampai si Starla diputusin sama cowoknya dan akhirnya Hema memberikan surat yang biasa ia buat dengan mesin tik nya.

Di sini ada perluasan background cerita. Kita bisa melihat bagaimana kehidupan Hema yang sebenarnya. Ia ternyata memiliki tante. Ia hidup bersama dengan pembantunya di sebuah rumah. Ia ternyata adalah seorang lulusan SMA yang sangat menyukai seni. Di sini terlihat tempat nongkrongnya adalah sebuah tempat anak muda gawl masa kini. Penuh warna-warni mural. Dan ia bersahabat dengan sebuah penyiar Radio.

Di sini diceritakan bahwa Hema mencintai alam. Surat-surat yang ia bikin kebanyakan selalu ditujukan untuk alam. Selain itu, waktu jalan-jalan sama Starla, Hema ngajakin Starla mungutin sampah dong. Luar biasa banget.

Kisah cinta mereka diceritakan di awal. Ada adegan waktu di dermaga mereka membuat surat bareng. Bagi yang belum tahu, Suratnya Hema ini emang agak ribet. Dia pake mesin tik buat dibikin pola untuk sebuah mural. Terus dipotong-potong. Terus disemprot pakai kalo anak jaman saya dulu namanya spet atau kalo jaman sekarang bilangnya pylox. Ada tulisan “LOVE STARTS HERE” yang artinya tahu kisah cinta mereka diawali dari situ.

Secara alur sangat lompat-lompat menurut saya. Kurang pas dan smooth. Harusnya ada kisah-kisah atau dialog yang harusnya dimasukkan biar penonton enak lihatnya. Tapi sayangnya di menit-menit awal kamu akan disuguhkan Iyuuuh moment dan ini sangat lama sampai akhirnya konflikpun datang.

Sangat sederhana. Ketika starla mengendarai mobil, ia melihat Hema sedang jalan dengan cewek lain. Ternyata di ujung cerita akan ketahuan bagaimana aslinya. #yaiyalah.

Yang saya suka di film ini tentu saja Meriam Belina yang selalu total dalam akting. Ia berperan sebagai ibunya Starla. Seorang Ibu Sunda yang dialog-dialognya seperti biasanya. Sangat berkelas.

Lagu-lagu Virgoun tentu saja akan disuguhkan di sini. Kamu akan sadar bahwa lagunya enak banget. Asal gak overplayed ya.

Oke, balik ke cerita ya. Meskipun lompat-lompat alurnya, tapi kalo bisa dibilang ada cerita yang susah diprediksi. Iya kaya cewek. It’s more than cinta-cintaan remaja. Tapi juga lebih kepada konflik yang disebabkan oleh konflik keluarga di masa lampau dan ternyata berasal dari kedua belah pihak. Tapi itu semua dagingnya terlihat di sepertiga akhir (sepertinya, agak lupa menitnya).

Tapi ya itu menariknya. Mungkin kalo kamu lihat seriesnya bakal bertanya-tanya. Kan udah tuh. Emang apalagi yang bakalan ada di film? ya kaya gitu tadi jawabannya. Ada konflik-konflik yang gak ketebak.

Yang seru dari film ini sih Hema ngajakin Starla bikin mural bareng. Starla memang dikuatkan karakternya sebagai cewek pemberani. Gimana gak berani, dia di kafe sendirian denger suara mesin ketik bukannya masuk ke kafe malah keluar bawa pentungan dan sampai akhirnya ketemu Hema.

Starla sendiri artinya adalah bintang. Sedangkan Hema Candra adalah Bulan yang berwarna emas.

Oke segitu dulu ya cerita tentang Surat Cinta untuk Starla. Kalo inget nanti ditambahin lagi. Selamat menonton bagi yang belum nonton. 🙂

Comments

comments

satriahelmy

Blogger

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *