Akhir Cerita si Doel, Akhirnya Si Doel Memilih

Halo! kali ini saya akan menulis tentang film terakhir si Doel yaitu: Akhir Cerita si Doel. Ini adalah versi film dari serial legendaris Si Doel Anak Sekolahan.

Saya nonton film pertama, tapi saya gak nonton film kedua. Mungkin akan saya tonton setelah ini.

Ringkasan Cerita Lawas

Bagi yang belom tahu, Si Doel ini adalah seorang anak betawi asli, kerjaannya sembayang mengaji, tapi jangan bikin die sakit hati. Lah malah nyanyi.

Jadi si Doel ini anak betawi. Dia punya ibu namanya Mak Nyak, Punya abang namanya Mandra, punya Adik namanya Atun. Atun sendiri dulu punya suami namanya Mas Karyo. Punya anak namanya Abi. Oiya, Mandra punya pacar namanya Munaroh.

Si Doel ini terlibat cinta segitiga. Yaitu dengan Sarah dan Jaenab. Sarah sendiri adalah sepupu sahabatnya di Kampus. Yaitu Hans. Semua berawal dari Sarah yang menjadikan Doel sebagai narasumber penelitiannya sampai akhirnya jatuh cinta. Sedangkan zaenab adalah keluarga betawi juga anak dari Ncang Rohim. Sarah dan Doel menikah sedangkan Zaenab sempat menikah dengan Henry, tapi akhirnya bercerai.

Sarah yang cemburu karena perhatian Doel pada Zaenab memutuskan untuk berangkat ke Belanda. Sepeninggal Sarah, si Doel pun akhirnya menikah dengan Zaenab. Sarah punya anak bernama Doel juga.

Si Doel the Movie

Si Doel the Movie lebih banyak mengorek tentang perjalanan cinta dari tokoh utama. Si Doel sempat menengok ke Belanda dengan Mandra. Si Doel bertemu dengan anaknya dari Sarah. Lalu di film kedua, giliran Sarah yang ke Indonesia bersama anaknya.

Kepulangan Sarah bersama Dul ke Jakarta,disambut bahagia oleh keluarga Doel. Namun hal tersebut juga membuat Zaenab, Sarah dan Doel dihadapkan pada pilihan besar.

Zaenab yang positif hamil dan masih trauma pernah kehilangan buah hati di masa lalu, kini harus memilih antara tetap berada di sisi Doel, atau merelakannya demi menyatukan kembali sebuah keluarga. Sarah harus memutuskan apakah akan mantap bercerai dengan Doel, atau rujuk kembali demi Dul si buah hatinya. Dan Doel pun harus cepat memutuskan siapa yang akan dia pilih.

Jadi apakah Zaenab? ataukah Sarah?

Intinya mah film ini si Doel dibuat bimbang karena keduanya memang mengalah. Sarah yang mengalah dengan menggugat cerai doel. Sedangkan Zaenab yang menyuruh Doel balikan sama Sarah. Dan Sampai akhirnya si Doel harus memilih.

Ending

Sempet kaget waktu di satu wawancara, ternyata Rano Karno menyiapkan 3 alternatif ending yang ternyata Ending yang dipilih adalah ending yang ini.

Agak Bingung di Tengah Cerita

Jujur aja di tengah-tengah bingung sekali film ini mau dibawa ke mana. Banyak beberapa adegan gak penting yang mendukung cerita. Tapi cukup menarik karena memang menghadirkan unsur-unsur nostalgik. Menghidupkan karakter-karakter di film lamanya.

Dari tengah menuju ending menurut saya sangat cepat.

Abi dan Mandra

Abi dan Mandra menurut saya bisa dihighlight sehingga film ini jadi gak serius-serius amat. Ada sisi humor cablak khas betawi banget. Saya suka.

Ost

Lagu pembukanya masih tetap kaya dulu meskipun diaransemen sama Armada. Selain itu ada juga lagu Andmesh yang Hanya Rindu.

Kontinuitas Tempat

Sebenernya agak bingung sih masalah tempat nih. Apalagi kalo kita pernah ke tempat itu. Rumahnya si Doel di Jakarta. Sedangkan Rumahnya Sarah terlihat banget kalo itu di Dago Pakar. Lalu Jaenab dan Sarah yang ketemu di Orchid Forest Lembang. Cukup gak nyambung karena gimana ceritanya Zaenab bisa balik lagi di Jakarta secepat itu. Si Doel keliling Jakarta aja gak pulang-pulang.

Tapi di dimensi film mungkin berbeda ya. CMIIIW.

Grading

Gradingnya cukup menarik meskipun ada ketidak konsistenan di film ini. Bisa jadi gara-gara editingnya atau memang kameranya berbeda. Tapi overall cukup memanjakan mata.

Simpulan

Pada akhirnya Akhir Cinta Si Doel ini cukup menarik untuk ditonton. Apalagi yang penasaran banget ujung-ujungnya gimana. Karena memang selama 27 tahun, kisah ini gak diakhiri.

Selamat menonton Si Doel Endgame!

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *