Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini – Setiap Cerita Punya Rahasia

“Banyak orang bilang, cerita hidup kita berawal pada hari saat kita lahir”

Assalamualaikum, kemarin akhirnya saya menonton sebuah film yang memang watchlist saya di 2020. Yaitu Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Sebuah film yang terlahir dari buku dengan judul yang sama karya Marchella FP.

Disclaimer. Mungkin akan sedikit spoiler. Tapi akan saya coba untuk tidak spoiler hehe.

Sekilas tentang Buku NKCTHI

Bagi yang belum tahu, buku NKCTHI sendiri berisi banyak quotes yang dipadupadankan dengan gambar-gambar. Quotesnya sendiri kebanyakan adalah sesuatu yang relate sama millenial. Gaya bahasanya saya rasa juga sangat dekat.

Awalnya sendiri berawal dari akun instagram @NKCTHI sampai akhirnya menjadi sebuah buku dan sampai akhirnya menjadi sebuah film sampai sekarang.

Filmnya sendiri tidak ada ceritanya dalam bukunya. Tapi beberapa kutipan-kutipannya memang dimasukkan dan akhirnya bisa diambil intisari di dalamnya.

Hidup itu lucu, ya
yang dicari, hilang
yang dikejar, lari
yang ditunggu, pergi

sampai hati kita lelah dan berserah
saat itu semesta bekerja

beberapa hadir dalam rupa sama
beberapa lebih baik dari rencana

Sinopsis Film

Angkasa adalah seorang kakak laki laki dari dua adiknya, yaitu Aurora dan Awan. Angkasa punya Ayah dan Ibu. Keluarga mereka tampak bahagia. Angkasa sendiri adalah seorang pegawai probation di sebuah perusahaan Firma, Aurora tidak terlalu dijelaskan, tetapi sepertinya mahasiwa desain produk, lalu Angkasa yang menjadi event organizer.

Cerita dari NKCTHI berputar sekitar konflik keluarga yang memang rumit. Angkasa yang menjadi anak sulung yang berkewajiban untuk menjaga adik-adiknya, lalu Aurora yang seperti tidak spesial karena berada di tengah, dan Awan yang begitu disayangi oleh Ayahnya.

Meskipun terlihat bahagia. Terlalu banyak selisih paham dalam keluarga ini. Angkasa selalu disalahkan atas apa yang terjadi kepada awan. Padahal semua itu bukan kesalahannya. Aurora yang serasa gak dianggap bahkan merasa kecewa ketika ayahnya malah marah-marah ke awan. Dan Awan yang sangat dikekang dan tidak dibiarkan untuk memilih.

Di sepanjang film kita akan banyak diceritakan kisah-kisah flashback yang mendorong cerita utamanya menjadi sangat berkembang. Ada 3 periode yaitu periode sekarang, periode waktu mereka masih sekolah dan periode waktu awan masih baru saja dilahirkan.

Nangis, Sedih, Pilu

Memang ada sebuah perasaan seperti aneh ketika menonton film ini. Sebuah perasaan yang hampir sama saya rasakan ketika nonton Dua Garis Biru. Seperti ada yang hilang tapi lega. Gimana tuh? hahaha.

Banyak juga orang-orang di samping, depan, belakang pada sesenggukan. Bahkan ada yang pake tisu dong saking banyaknya.

Twist?

Sayangnya malah twist di ujung konfliknya yang bikin saya kurang menyukai film ini. Sesuatu yang disebut rahasia itu. Mungkin dibuat gitu supaya jadi alasan kenapa sih Ayahnya sangat overprotective sama si bungsu dan banyak nuntut ke anak sulung.

Kritik sosial

Ada adegan dimana awan ketabrak motor, lalu ibunya mau bawa awan ke rumah sakit. Tapi banyak banget orang yang mengerumuni sampai akhirnya ibunya kesusahan bawa Awan ke rumah sakit. Seperti kritik sosial buat warga 62 ini yang kalo ada kecelakaan bukannya bantu malah bikin macet.

Sheila Dara, Rachel Amanda, Rio Dewanto

Tanpa mengecilkan peran tokoh lain, tapi ketiga nama di atas adalah tokoh yang saya suka actingnya. Buset sumpah Sheila Dara natap doang aja epic di film ini.

Banyak Lagu Indie

Lagu-lagu yang ada di film ini memang kebanyakan lagu Indie. Semuanya hadir di saat yang tepat dan membangun mood di film ini.

https://youtu.be/jtYQKdKcTKk

Pemeran yang Sangat berbeda

Jujur sebenernya aktingnya pemerannya bagus-bagus. Tapi sayangnya, tokoh yang jauh berbeda antara kecil, anak-anak dan dewasa kok sangat berbeda. Ayah dan Ibunya juga. Padahal mungkin bisa aja bapak dan ibunya pake pemeran yang sama tapi maen di make up. Haha sotoy banget dah gua. Tapi harus diakui akting mereka bagus banget kok.

Simpulan

Pada akhirnya film NKCTHI adalah film bagus untuk membuka 2020 ini. Kabar terbaru katanya udah sampai satu juta penonton.

Selamat menonton di bioskop-bioskop kesayangan kamu.

“Anak band gak ada yang bener!”

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *