Review Makmum (2019)

Asaalamualaikum, saya mau cerita tentang film yang lagi rame yaitu : Makmum. Makmum sendiri terinspirasi dari sebuah cerita pendek yang memenangkan berbagai macam pernghargaan dengan judul yang sama.

Bagi yang belum nonton bisa lihat filmnya pendeknya karya Riza Pahlevi pada 2016:

Berselang 3 tahun setelahnya, MD Pictures membuat film dengan judul yang sama, pola yang sama namun cerita yang jauh lebih kompleks.

Disclaimer. Ini adalah spoiler content.

Sama dengan film pendeknya, setan makmum ini adalah setan yang mengganggu manusia ketika ia sholat dan menjadi makmum.

Latar cerita dari film ini ada seorang wanita bernama Rini. Dia seorang perias mayat yang kesulitan membayar kontrakannya. Hal ini memaksanya untuk kembali ke asrama lamanya.

Namun asrama yang sekarang bukanlah asrama yang dulu. Asrama sekarang sering diganggu oleh setan yang selalu mengganggu ketika solat. Ketika cerita berlangsung, settingnya sedang liburan. Tetapi ada 3 siswi yang tidak diberikan waktu untuk pulang. Merekapun sering diganggu oleh setan ini.

Selain itu, salah satu di antara mereka yaitu Putri juga sering sekali kesurupan.

Lalu apakah datangnya Rini dapat membantu mereka? Silakan tonton di bioskop terdekat.

Creepy Enough

Saya selalu merasa seram kalo nonton film hantu yang relate banget. Gak jarang kan kita lagi solat lalu ngerasa ada yang lihat dan ganggu kekhusukan kita? nah di film ini terasa sekali diganggu dengan hal-hal kaya gini.

Apakah film ini cukup seram? tentu iya. Gak jarang saya begidik ngeri dan bulu kuduk berdiri.

Cerita

Pada awalnya saya kira ceritanya adalah sekitar solat dan diganggu saja. Namun ternyata lebih dari itu. Ada cerita yang cukup kompleks dan menyibak kebenaran di masa lalu yang bikin setannya penasaran. Meskipun itu juga belum tentu setan itu asalnya.

Efek yang agak mengganggu

Efek pas setannya mati menurut saya cukup mengganggu sih. Silakan buktikan sendiri.

Setan Kanzab

Di islam sendiri ada setan yang mengganggu ketika solat. Yaitu Khanzab. Khanzab seringkali mengganggu ketika kita sholat. Dia menempuh segala cara agar kita menjadi kita tidak khusuk sehingga pahala solat kita menjadi berkurang.

Simpulan

Pada akhirnya, film Makmum cukup membuat creepy dan menjadi hiburan tontonan di bioskop. Silakan tonton di bioskop terdekat.

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *