Review : Jelita Sejuba, Mencintai Kesatria Negara

Halo guys. Di kesempatan kali ini saya mau cerita tentang sebuah film yang saya tonton beberapa waktu lalu. Yaitu Jelita Sejuba. Sebuah film yang dibintangi oleh Putri Marino dan Wafda Saifan yang digarap oleh Roy Nayoan. Film ini bercerita tentang sebuah suka duka dari seorang istri tentara yang ditinggal sang suami sampai waktu yang tidak dapat ditentukan.

Latar film ini adalah di Natuna. Sudah pasti kalo urusan pemandangan sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu film ini juga full berbahasa melayu dan budaya asli Natuna diangkat di film ini.

Alkisah seorang wanita muda bernama Sharifah, seorang anak perempuan yang memiliki 2 orang sahabat, anak pertama dari 2 bersaudara. Ayahnya seorang nelayan dan Ibunya berdagang di warung yang dinamai Jelita Sejuba. Ia tinggal di Natuna. Di sinilah ia bertemu dengan Jaka. Seorang perwira TNI. Sharifah begitu mengagumi Jaka. Dan ternyata Jaka juga menyukai Sharifah. Sampai akhirnya ia dilamar oleh Jaka.

Btw cerita ini mengandung spoiler. Silakan tanggung sendiri kalo dilanjutkan membaca hehehe.

Jaka akhirnya melamar Ifah. Mereka akhirnya memutuskan untuk menikah. Di persiapan menikah saja mereka harus berjuang dengan keras karena menikahi seorang TNI mempunyai proses yang panjang. Ifah bahkan sempat mengeluh dan tidak kuat. Tapi Jaka ada di samping Ifah dan menenangkannya.

Sampai di suatu saat mereka menikah. Selang beberapa waktu, Jaka harus pergi meninggalkan Ifah untuk bertugas. Padahal Ifah saat itu sedang hamil. Akhirnya Ifah harus berjuang hamil sendiri tanpa kehadiran Jaka, pria yang dicintainya. Tak sampai di situ, ketika anak mereka bertumbuh besar, Jaka harus kembali berangkat untuk Ibu pertiwi.

Ending film ini memang jahat. Jaka gugur di medan perang karena menolong rekannya. Kesedihan begitu memuncak. Mungkin itulah cobaan terberat seorang istri tentara. Melihat jasad suami tak bernyawa pulang dari medan perang.

Soundtrack

Soundtrack film ini sendiri dinyanyikan oleh Anji – Menunggu Kamu.

soundtrack ini sangat relate dengan cerita yang menceritakan bagaimana si Ifah menunggu Jaka yang berada di medan perang.

Ku selalu mencoba
Untuk menguatkan hati
Dari kamu yang belum juga kembali

Ada satu keyakinan
Yang membuatku bertahan
Penantian ini kan terbayar pasti

Lihat aku sayang
Yang sudah berjuang
Menunggumu datang
Menjemputmu pulang

Ingat slalu sayang
Hati ku kau genggam
Aku tak kan pergi
Menunggu kamu di sini
(Tetap di sini)

Jika bukan kepadamu
Aku tidak tau lagi
Pada siapa rindu ini kan ku beri
Pada siapa rindu ini kan ku beri, ooh

Lihat aku sayang
Yang sudah berjuang
Menunggumu datang
Menjemputmu pulang

Ingat slalu sayang
Hati ku kau genggam
Aku tak kan pergi
Menunggu kamu di sini
(Disini)

Lihat aku sayang
Sudah berjuang
Menunggumu datang
Menjemputmu pulang

Ingat slalu sayang
Hati ku kau genggam
Aku tak kan pergi
Aku tak kan pergi

Menunggu kamu di sini

Akting

Akting dari Putri Marino menurut saya bagus. Mulai dari menjadi anak kecil sampai dewasa. Putri Marino mungkin adalah salah satu pemain pendatang baru terbaik saat ini.

Alur

Alur film ini maju. Kita akan disuguhkan sama sebuah cerita dari awal sampai akhir. Dari Ifah lulus sekolah sampai menjadi dewasa. Namun yang sangat disayangkan adalah perpindahan alur yang sangat cepat dan kurang smooth.

Keindahan Natuna

Nonton ini seakan kita menjadi cuci mata. Karena kita akan disuguhkan sama pemandangan Natuna yang sangat bagus. Apalagi dengan cinematografi yang sangat bagus.

Relate dengan kehidupan Tentara

Film ini sangat relate dengan kehidupan tentara dan istrinya. Tentang bagaimana menunggu seseorang yang jauh. Membela tanah air di atas kepentingan pribadinya. Gak cuma tentara aja sih. Untuk orang yang bekerja jauh dari istrinya juga cukup relate. Ini sangat bagus dan cukup membawa perasaan penonton. Bahkan tanpa kamu harus menjadi pasangan tentara.

Pada akhirnya film ini sangat mudah untuk dinikmati. Kalo ada di Hooq sempatin untuk nonton.

Comments

comments

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *