Review Film : Cek Toko Sebelah!!

Halo guys. Kemarin saya berkesempatan nonton Cek Toko Sebelah. Hal ini bermula dari testimoni beberapa kawan yang bilang kalo film ini bagus. Dan overall cukup puas kalo nonton film ini. Hahaha

Yang belum tahu, bisa dilihat lah trailernya.

Cerita berkisah tentang seorang anak keturunan cina bernama Erwin (Ernest) yang memiliki kakak bernama Yohan (Dion Wiyoko) dan ayah bernama Koh Afuk(). Koh Afuk adalah seorang pemilik toko kelontong yang laris manis.

Kedua anaknya memiliki kehidupan yang bertolak belakang. Sang kakak adalah seorang fotografer serabutan yang memiliki masa lalu kelam setelah ditinggal wafat ibu mereka. Beruntung ia hidup bersama istrinya (Adinia Wirasti) yang setia mendampinginya.

Sedangkan sang adik mempunyai hidup yang lebih sempurna. Kuliah di luar negeri hingga kini mempunyai pekerjaan yang sangat mapan. Apalagi ditambah memiliki kekasih cantik (Gisella Anastasia) yang juga datang dari kelas atas.

Suatu hari Koh Afuk terserang penyakit dan sadar bahwa ia tak bisa selamanya mengurus toko kelontongnya. Ia lalu meminta Erwin untuk mengurus toko, padahal sang adik itu sedang menghadapi tawaran masa depan yang lebih cerah yaitu berkantor di Singapura.

Yohan jelas tak terima ayahnya lebih memilih adiknya daripada dia. Padahal sebagai anak sulung, Yohan merasa lebih berhak terhadap toko tersebut. Koh Afuk memang memiliki hubungan tak akur dengan Yohan karena masa lalu putra sulungnya tersebut yang penuh masalah, sehingga kepercayaannya tak datang ke anaknya itu.

Padahal Yohan memiliki niat yang tulus untuk meneruskan toko kelontong milik keluarganya tersebut. Sedangkan Erwin sendiri mengalami dilema sebenarnya lebih memilih meneruskan kariernya di luar negeri.

Lalu bagaimanakah kelanjutannya?

Humor Segar

Untuk yang satu ini saya akui kalo film ini punya humor yang sangat segar. Salah satunya ada anaknya Pak Jokowi. Lalu apa yang berjalan sangat spontan layaknya stand up comedy. Selain itu, alur humor yang dibangun dan dibuat nyambung dengan lawakan yang ada pada beberapa scene sebelumnya. Jadi penonton langsung nyadar bahwa “oh Iya”

Cerita Fenomena Etnis Tionghoa

Bisa dibilang film ini mengadopsi salah satu fenomena dari etnis Tionghoa bahwa banyak sekali orang yang sekolah tinggi-tinggi dan akhirnya mengurus toko warisan keluarga. Fenomena ini digarap dengan sangat ciamik oleh Ernest Prakasa.

Feel good movie

Kalo bisa dibilang ini film adalah salah satu film feel good movie. Bukan sebuah film yang bikin “kyaaa kyaaaaa!!!”. Tapi cukup membuat penonton ngerasain feel goodnya. Drama yang ada dipadu dengan humor yang mantap. Sangat salut untuk film satu ini.

Ada beberapa scene yang saya ambil dari IGnya @ernestprakasa. Beberapa menggambarkan keseruan adegan film ini. Check this out!

 

Comments

comments

satriahelmy

Blogger

5 Comments

  1. I really love your site.. Pleasant colors & theme. Did you make this web site yourself?

    Please reply back as I’m planning to create my very own website and want to learn where you
    got this from or exactly what the theme is named. Appreciate it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *