Review Film : 3 Srikandi

poster 3 srikandi

Halo guys, kali ini saya datang lagi dengan review sebuah film Indonesia. Judulnya adalah 3 Srikandi. Bisa dibilang film motivasi dan inspirasi. Sebelumnya yuk coba cek dulu trailernya :

Cerita bermula dari keberhasilan Nurfitriyana (BCL) yang menjadi juara sea games cabang panahan. Namun sayang ayahnya tidak mendukungnya. Ayahnya ingin anaknya menyelesaikan skripsi. Di tempat lain ada Kusuma Wardhani (Tara Basro) dari Ujung Pandang yang tidak dibolehkan orang tuanya menjadi atlet karena ia sudah diterima menjadi PNS. Di tempat lainnya lagi, ada Lilis, seorang gadis asal Surabaya yang sangat medok dan ceria.

Ketiga perempuan tadi ingin mengikuti pelatnas panahan di Jakarta.

3 sri

Indonesia siap kembali mengirimkan atlet-atlet terbaiknya di ajang Olimpiade Seoul 1988. Cabang panahan yang satu dekade lalu berjaya, sudah mengalami krisis. Tak ada atlet panahan yang sukses mengibarkan bendera Indonesia di kancah Olimpiade lagi semenjak Donald Pandiangan (Reza Rahadian) menghilang.

Donald menghilang bukan tanpa alasan. Pada tahun 1980, Donald yang sudah siap untuk mengikuti turnamen Olimpiade Moskow batal berangkat lantaran alasan politik. Donald begitu kecewa. Ia pun menghindar dari dunia yang telah membesarkan namanya. Bukan itu saja, sebagai atlet, Donald justru memiliki hidup yang jauh dari kata sehat. Mabok-mabokan dan punya bengkel kecil di pinggir Jalan.

Sewindu berselang, takdir mempertemukan Donald lagi dengan olahraga panahan. Pak Udi (Donny Damara) selaku ketua pengurus persatuan panahan, meminta Donald untuk kembali ke lapangan. Bukan lagi untuk bertanding, melainkan untuk melatih. Donald diminta untuk melatih tim panahan putri Indonesia yang akan maju ke ajang Olimpiade Musim Panas ke 24 di Seoul, Korea Selatan.

3 srik

Donald menyeleksi putri-putri dan akhirnya Yana, Lilies dan Suma lah yang menjadi pilihan Donald dan berjuang di Olimpiade.

Di tengah-tengah perjalanan menuju Olimpiade, baik Yana, Lilies maupun Suma harus dihadapkan pada masalah rumitnya masing-masing. Yana yang harus segera menyelesaikan skripsinya, lalu Lilies dengan urusan keluarganya dan Suma dengan masalah percintaannya. Mampukah busur panah 3 Srikandi menaklukan Olimpiade setelah delapan tahun mati suri?

Akting Ciamik dan Gemerlap Bintang

Siapa yang meragukan akting dari Reza Rahardian, BCL, Chelsea Islan dan Tara Basro? Mereka adalah bintang layar lebar yang lagi ngehits beberapa periode ini. Mereka langganan mengisi bioskop kesayangan kita.

Seperti biasa, Reza Rahardian begitu menjiwai dan total dalam berakting. Ia begitu memasukkan Donald yang sangat egois ke dalam dirinya. Chelsea Islan yang sangat medok juga seperti menghilang dari apa yang ia tunjukkan di kesehariannya.

Lucu!

Jangan kira film ini akan melulu serius. Ternyata ada humor-humor segar di beberapa pemainnya. Yang paling ketara adalah Lilies yang sangat bandel dan sering membuat dua orang temannya sering dihukum. Selain itu, sifat sok tahu dan cuwawak juga menjadi bumbu tertawa di film ini.

Terinspirasi dari Kisah Nyata

Film ini adalah film yang mengadopsi dari kisah nyata pemanah Indonesia yang berjuang di olimpiade Seoul 1988. Berikut tampilan foto aslinya :

3-srikandi

Logat Suroboyoan

Di film ini ada beberapa logat suroboyoan yang sangat kental dan bikin saya kangen sama rumah :(. Kata-kata “Kemplo”, “Sempel”, “Kepengkol-pengkol” diucapkan di beberapa ucapan Lilies.

Euforia Olimpiade dan Semangat Nasionalisme

Jelas bahwa film ini ada kesan euforia olimpiade. Semangat nasionalisme membara dan sangat epic. Bagaimana seluruh penduduk Indonesia menjadi mendukung atlet yang berlaga di Olimpiade. Sama halnya dengan waktu seluruh mata tertuju pada timnas Indonesia. Sangat merinding dan dibuat dengan cukup epic.

Salah satu quote yang ada di film ini adalah :

ada kalanya kamu harus berfikir dan melakukan sesuatu yang itu bukan untuk diri kita, tetapi sesuatu yang jauh lebih besar, yaitu untuk negerimu

Nah bagaimana? tertarik untuk melihat film ini?

Comments

comments

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *