Orang Kaya Baru

Halo guys. Kemarin saya sama Agus nonton film yang lagi tayang di Bioskop. Orang Kaya Baru. Sebuah film dari Ody C Harahap dan ditulis skenarionya oleh Joko Anwar. Diperankan oleh Raline Shah (Tika), Derby Romero (Duta), Fatih Unru (Dodi), Lukman Sardi (Bapak), Cut Mini (Ibu).

Film ini diceritakan dari sisi orang pertama. Yaitu Tika. Tika berasal dari seorang keluarga sederhana yang punya seorang kakak (Duta) yang kuliah di jurusan seni yang terobsesi untuk membuat pertunjukan dramanya sendiri. Dia juga punya seorang adik yang masih sekolah. Tika punya seorang Ibu dan Bapak. Mereka hidup dengan sederhana di sebuah rumah sederhana di pinggiran ibukota.

Meskipun dari keluarga sederhana, Tika ini anak yang cerdas. Meskipun bukan dari keluarga kaya raya, ia selalu dimasukkan ke sekolah dengan kualitas terbaik. Begitupun kakak dan adiknya.

Oke kita lanjut dulu ke inti ceritanya.

Suatu ketika sang Bapak meninggal ketika duduk sambil mendengarkan lagu rebel kesukaannya. Lagu Apatis dari Benny Soebardja.

Pasca meninggalnya Bapak, kehidupan menjadi sangat berat, sampai akhirnya datanglah pengacara yang ternyata adalah pengacara dari Bapak yang membawa rekaman Bapak lagi berbicara dan mereka menemukan fakta bahwa : Bapak pura-pura miskin supaya anaknya bisa menghargai arti hidup.

Akhirnya mereka pun menikmati harta warisan dari Bapak. Tahap awal mereka diberi 500 juta. Dan ternyata semuanya malah menjadi lebih kacau ketika mereka menjadi orang kaya. Dan inilah yang menjadi sebuah cerminan dari judulnya. Orang Kaya Baru.

Film ini merupakan cerminan dari perkataan Bapak di meja makan.

“Duit kalo dikit cukup, kalo banyak gak cukup!”

Dan benar saja, uang sebanyak itu cepat sekali habisnya dan mereka mencairkan uangnya lagi. Begitupun seterusnya dan ada turun naik keadaan. Bagaimana kelanjutannya? yuk tonton di bioskop terdekat.

Sebuah cerita yang unik

Kalo boleh dibilang plot yang diambil sama film ini sungguh unik. Kok bisa kepikiran kaya gitu. Film-film Indonesia sekarang sudah mulai berani untuk masuk ke tema-tema unik kaya gini.

Dan tentu saja ini bikin penasaran dan jadi pengen nonton.

Cast

Cut Mini menjadi bintang di sini. Benar-benar dia banget. Menjadi emak-emak cerewet dan banyak tingkah. Semuanya diperankan sangat baik.

Raline Shah cukup baik meskipun gak cocok sih kalo jadi orang miskin. Haha.

Lukman sardi sudah tidak perlu disangsikan lagi.

Yang menarik perhatian adalah si Fatih Unru yang bermain sangat baik. Saya rasa akan jadi bintang di masa depan.

Jokes dan Naskah yang bagus

Jokes-jokes renyah, adegannya dan naskahnya menurut saya bagus. Meskipun biasanya kalo di film komedi sekarang banyak stand up comedian yah. Tapi di Orang Kaya Baru ini tanpa stand up comedian dan tetap lucu.

Value kebersamaan dan nilai moral

“Coba cek, keluarga mana yang sampe sekarang makan bareng?”

Perkataan bapaknya ini emang betul. Meskipun mereka gak kaya tapi mereka selalu makan bareng. Sesuatu yang sulit didapat di penduduk ibu kota yang sangat sibuk. Mereka sederhana tapi bersama.

Pada akhirnya Orang Kaya Baru adalah salah satu film komedi syarat makna yang menurut saya cukup fresh untuk ditonton. Yuk melipir sebelum turun layar.

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *