Insidious : The Last Key

Akhirnya seri terbaru Insidious keluar. Insidious : The Last Key.

Seperti biasa, kita lihat Trailernya dulu :

Cerita Insidious kali ini adalah cerita dari si Cenayangnya sendiri yaitu Elise. Di awal cerita settingnya adalah masa kecil Elise. Elise diceritakan tinggal di sebuah rumah di New Mexico. Ia tinggal  bersama adiknya yang bernama Christian. Ayahnya adalah seorang sipir penjara (mungkin lo ya. pokoknya yang bagian nyiksa tahanan).

Diceritakan Elise memiliki bakat melihat roh sejak kecil. Ibunya percaya dengannya. Tapi berbeda dengan Ayahnya yang sangat tidak suka jika Elise bertingkah aneh karena melihat roh.

Hingga suatu malam, Elise hendak tidur. Ia akan tidur dengan adiknya di sebuah kamar. Ibunya berpesan kepada Christian bahwa jika ia merasa ketakutan, maka ia harus meniup peluit. Elise melihat ada yang berjalan di lorong. Hingga akhirnya ia meniliknya dan mengajak roh halus itu berkomunikasi. Adiknya menjadi sangat takut. Tiba-tiba ayahnya datang dan sangat marah. Ayahnya sangat marah jika Elise bertingkah aneh. Terutama yang berhubungan dengan mahluk halus. Ia dipukul dengan rotan dan ia dihukum tidur di basement. Namun lagi-lagi Elise bertingkah aneh dengan berkomunikasi dengan hantu yang berada di balik pintu di basement. Ia membuka pintu itu dan kesurupan. Ibunya yang mencoba menolongnya malah mati tergantung kabel yang dapat bergerak sendiri.

Waktu berlalu dan Elise saat ini menjadi cenayang tinggal bersama Specs dan Tucker. Ia mendapat panggilan dari orang-orang yang diganggu roh-roh jahat. Sampai suatu saat ia mendapat telpon dari Ted Garza. Ternyata Ted Garza menempati tempat tinggal Elise ketika kecil. Dan sama, ia diganggu oleh mahluk jahat. Dan tempatnya antara lain di tempat tidurnya dulu. Tempat ia mendapat pukulan dari ayahnya.

Diceritakan juga di kota tersebut ia bertemu dengan 2 0rang wanita muda cantik Melissa dan Imogen. Ternyata itu adalah anak dari Christian. Christian masih menyimpan ketidaksukaannya terhadap Elise karena ia menakuti Christian dengan hal-hal menyeramkan yang mereka lalui. Lalu Elise juga diceritakan kabur dari rumah selepas ia terpergok ayahnya berbicara dengan seorang sosok wanita asing di rumahnya ketika ia remaja. Di akhir scene Elise memberikan foto peluit milik Christian yang hilang ketika Christian masih kecil yang diberi oleh ibunya.

Waktu berlalu dan di suatu malam, ketika Elise mencoba melakukan ritual, ia diarahkan ke Basement tempat ia dulu membuka pintu. Dan benar saja, Elise membuka pintu itu kembali dan bertemu dengan sosok wanita menyeramkan yang sedang dirantai lehernya.

Spoiler alert!

Ternyata itu bukanlah hantu, tetapi wanita yang dihukum oleh Ted Garza. Ted Garza pun datang dan akhirnya mengunci Elise di dalam ruangan tersebut bersama dengan wanita yang disekap dan Tucker. Specs yang ada di luar pun datang menolong dan akhirnya membunuh Ted Garza.

Polisi pun akhirnya mewawancarai Elise. Di saat bersamaan Christian dan kedua anaknya datang ke tempat tinggal masa kecilnya untuk mencari peluit yang diberi oleh Elise. Di tengah pencarian, mereka berpisah. Melissa bertemu dengan sosok hantu berlengan kunci. Hantu tersebut melukai Melissa dengan memasukkan lengan kuncinya ke leher Melissa. Sampai akhirnya Melissa menjadi koma dan berada di alam yang selama ini kita lihat di edisi Insidious. Further.

Akhirnya Elise pun juga pergi ke Further untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada. Ia pun dibantu oleh Imogen yang ternyata mempunyai bakat yang sama dengan Elise. Di further inilah nantinya akan selesai konfliknya. Penasaran? langsung nonton di bioskop terdekat ya!

Seram dan kaget

Kombinasi seram dan kaget mewarnai Insidious kali ini. Cara menakutinya seperti model-model film The Conjuring. Penata sound di sini banyak bermain dengan ritme-ritme mengagetkan walaupun hanya mesin-mesin, alat pengeboran minyak atau pintu.

Cerita yang berhubungan

Salah satu keunggulan di Insidious kali ini menurut saya adalah cerita yang tidak bisa kita kesampingkan karena keseraman yang ada. Bagaimana pembangunan karakter elise dan setiap peristiwa Elise yang terjadi di masa lampau akan berpengaruh terhadap ending film ini. Yang paling signifikan adalah adanya peluit yang digunakan untuk memanggil sang ibu yang diberikan pada Christian. Peluit itulah yang memanggil arwah Ibu yang menolong Elise dan teman-temannya di Further.

Kalo nonton film ini saya sarankan di bioskop karena efek seramnya sangat nyata karena suara yang menggelegar. saya sendiri sudah nonton 2 kali gara-gara dibayarin. Haha. Silakan nonton di bioskop terdekat.

Untuk lihat review lainnya bisa cek di sini –> Review Film

Comments

comments

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *