Ghost Writer yang Beneran Ghost

Halo! Mari kita kembali berspoiler ria. Beberapa saat yang lalu saya nonton film yang judulnya adalah Ghost Writer. Sebuah film garapan dari Bene Dion. Yang belum tahu, beliau adalah seorang stand up comedian (komika) yang beberapa kali jadi cameo di film Indonesia. Ini adalah debutnya dalam sutradara film.

Sedangkan cerita ini adalah ide dari salah satu peserta dari kelas menulis cerita skenario Ernest Prakasa yaitu Nonny Boenawan. Sebagaimana kita tahu, Ernest pada tahun 2018 membuat kelas menulis skenario dan Nonny Boenawan adalah salah satu pesertanya. Singkat cerita Starvision tertarik dan akhirnya bisa diangkat jadi film.

Ghost Writer sendiri bercerita tentang seorang wanita bernama Naya. Ia adalah seorang penulis novel yang sangat best seller. Namun ia sedang mengalami writers block. Sudah tiga tahun ia tidak menelurkan karya karena tulisannya ditolak oleh penerbit.

Naya punya adik namanya Darto dan pacar namanya Vino.

Keadaan membuatnya serba kepepet. Saldo tabungan menipis, adiknya harus bersekolah di sekolah favorit yang berharga mahal. Dan ia sendiri tidak mau merepotkan pacarnya. Vino.

pacar naya

Sampai akhirnya ia menemukan sebuah diary yang tersimpan di plafon kontrakan barunya. Diary tersebut bercerita tentang curhatan galih yang mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

Galih sendiri di masa lalu punya adik yang bernama Bening. Bening adalah adik yang begitu dicintai oleh Ibunya. Ketika Galih berkuliah di luar kota, Bening menyusul Galih karena bertengkar dengan ibunya. Bening meninggal karena tertabrak mobil ketika melerai Galih yang bertengkar di jalan ketika mengantarkan Bening pulang. Beningpun jadi setan dan punya peran penting di film ini.

Bening

Naya membaca dan menyampaikan isi diary tersebut kepada Alvin. Alvin setuju dan tertarik untuk menulisnya menjadi Novel. Naya diberi deadline 2 bulan untuk menyelesaikannya dan launching di Jakarta Book Fair.

Galih, seorang setan yang memiliki diary tersebut tidak terima. Awalnya Galih meneror Naya. Tapi akhirnya ia setuju dan ikut membantu menulis novel tersebut tapi dengan syarat tidak ada dramatisasi secara berlebihan. Dan inilah mengapa judulnya Ghost Writer. Ghost Writer yang beneran Ghost.

Galih dan Naya

Tulisan selesai dan penerbit ternyata menginginkan konfliknya agar lebih kejam. Dan dari situlah konflik dimulai antara Naya yang bingung. Antara terus menerbitkan novel dan mengusik Galih dan Bening, atau tidak jadi menerbitkan namun ia begitu menginginkan uang dari novel tersebut.

Pemeran

Pemeran dari Ghost Writer ini adalah, Tatjana Shapira sebagai Naya, Ge Pamungkas sebagai Galih, Deva Mahendra sebagai Vino, Ernest Prakasa sebagai Alvin, Asmara Abigail sebagai Bening, Endy Arvian sebagai Darto dan M. Iqbal Sulaiman sebagai Billy.

Debut Bene Dion dan Nonny Boenawan

Sebagaimana saya cerita di awal, ini adalah debut pertama Bene Dion sebagai sutradara dan Nonny Boenawan sebagai penulis skenario. Dan menurut saya ini adalah sebuah masterpiece yang sangat bagus!.

Pros

Yang saya suka dari film ini adalah tentu saja ceritanya. Sangat menarik dan gak biasa. Sebagai orang awam saya sangat menikmati.

Dengan genre horor komedi, jokes-jokesnya sangat pas dan bikin kita ngakak dan menurut saya sangat cerdas. Contohnya seperti ketika Billy yang harus boker, sementara ada setan yang gedor-gedor pintu kamar mandi, terus pas adegan Billy dan Darto lagi lihat majalah bokep, eh hantunya nyerang. Ada sebuah kebingungan, apakah ia harus teriak meminta bantuan kakaknya atau ia ketahuan sedang baca majalah bokep.

adegan boker tapi ada setan

Formula jokes lainnya adalah seperti ketika tukang ojek bilang kalo gak takut, malah ternyata ada petir ngagetin yang akhirnya dia jadi takut. Jokes-jokes bertolak belakang yang seakan-akan langsung mengcounter apa yang dilakukan oleh pemerannya.

Celetukan-celetukan khas dari cameo seperti di film Ernest Cek Toko Sebelah dan Susah Sinyal juga jadi bahan komedi yang fresh dan bikin ngakak.

celetukan acho dan arie kriting memeriahkan jokes

Tapi, apakah kita akan ngakak sampai akhir? tentu saja tidak. Ada horor dan sedih juga yang masuk secara bergantian.

Cons

Yang saya kurang suka dari film ini adalah bagaimana makeup dari Galih yang menurut saya kurang.

Selain itu, ada beberapa scene yang lompat-lompat dan bikin kita kurang nyaman di awal-awal.

Simpulan

Pada akhirnya film Ghost Writer adalah salah satu film horor komedia terbaik 2019. Cerita yang fresh dan jokes yang pas adalah nilai lebih dari film ini.

Silakan tonton kalo masih ada di bioskop. Atau tunggu saja di HOOQ.

Boleh setuju boleh tidak. Dadah~

sumber gambar : Youtube Starvision

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *