Film : Keluarga Cemara

Halo guys. Kemarin saya nonton film yang lagi rame. Keluarga Cemara. Sebuah film dari Visinema dan Disutradarai oleh Yandy Laurens.

Sebagaimana kita tahu Yandy Laurens ini yang menggarap Sore Istri dari Masa Depan dan Mengakhiri Cinta dalam 3 episode. Dan keduanya sukses bikin mengaduk-aduk perasaan. Dan begitupun film keluarga cemara ini.

Film ini diperankan oleh Ringgo Agus sebagai Abah, Nirina Zubir sebagai emak, Zara sebagai Euis dan … sebagai Ara.

Sebelum lanjut kita lihat trailernya dulu.

Film ini bercerita tentang Abah yang bangkrut karena ditipu. Ia pun harus jatuh miskin dan harus menempati rumah warisan di desa terpencil di daerah Bogor. Semuanya berubah 180 derajat. Ara dan Euis harus berpindah sekolah ke sekolah baru. Abah pun juga harus mencari pekerjaan lain.

Emak pun hamil. Namun ia harus ikut bekerja menjual opak untuk membantu abah menyambung hidup dan memberi nafkah.

Konflik-konflik terus berdatangan.

Abah di sini berusaha untuk terlihat kuat. Karena ialah kepala keluarga. Tapi di film ini Abah begitu menunjukkannya ke penonton. Dan benar saja kita jadi merasa sangat empati sama Abah.

Jatuh bangunnya Abah, Strugglenya emak nemenin abah. Sampai keinginan Euis yang

Semuanya simple. Jangan tanya apakah ada plot twistnya apa nggak.

Kalo bisa disimpulkan film ini have simple story but big impact.

Eksekusinya jago!

Mood yang dibangun dari awal sampe akhir begitu nyampe ke penonton. Bahkan ketika Abah marah-marah ke Euis. Rasanya beneran ikut dimarahin dan begitu nyesek.

Sesedih itu.

Ringgo meranin abah bagus banget. Melasnya dapet, jahatnya ke anaknya dapet. Drama Abah sama Euis sih yang bikin nyesek. Sekadar note aja. Ending adegan akhir antara Abah sama Euis paling ngena.

Love every single scene.

Jeniusnya lagi, film ini gak hanya mengeksploitasi sisi dramatik, tapi humornya juga ada. Ada beberapa scene yang bikin ketawa. Dan pas banget.

Soundtrack film ini dinyanyikan kembali oleh BCL dengan aransemen modern tentu saja. Selain itu, ada banyak lagu-lagu yang diputar di film ini. kayanya banyak lagu-lagu indie gitu. Saya juga kurang tahu. hehe.

Film ini mengajarkan kita kalo susah gak selalu sedih. Bahkan mereka menjadi sangat dekat setelah mereka jatuh miskin. Mereka menemukan “arti” keluarga yang sebenarnya. Tentang kesederhanaan yang membuat keluarga sendiri menjadi “rumah”. Membuat kita sadar pentingnya kembali ke keluarga.

Salah satu film yang saya rasa feel good movie.

Keluarga cemara mengajarkan kita bahwa solusi dari kebangkrutan bukan mendapatkan kembali harta benda yang dulu didapat. Tapi kebesaran hati menerima keadaan.

Terima kasih kepada semua pihak yang membuat film sebagus ini.

Terima kasih.

Harta yang paling berharga. Adalah …. keluarga~

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *