Hidup di Balikpapan #3 : Asli Suroboyo Mas?

Balikpapan ini kota yang banyak orang jawanya. Banyak banget!

Kalo di jalan terus ketemu orang. Pasti mereka ngomongnya pake bahasa jawa. Tak jarang ada yang ngomong pake bahasa suroboyoan.

Kemarin saya pergi cari makan. Kesana kemari dan akhirnya pilihan saya jatuh ke Bebek Tugu Pahlawan di jalan M.T. Haryono. ¬†Saya masuk dan benar saja, rasanya asin khas Surabaya. Setelah pesen makan, saya duduk. Lalu biasanya akan ada mas-mas yang nanyain. “Mau minum apa?”.

Tapi yang kali ini beda.

Mas-mas malah nanya. “Asli Suroboyo Mas?”. Saya kaget. Kok mas-mas itu bisa tahu? apa yang sedang terjadi? ternyata eh ternyata. Saya baru sadar kalo saya pake motor dengan plat L. Mas-masnya sangat ramah.

Terus beberapa hari yang lalu juga demikian. Saya makan, lalu tukang parkirnya nanya. “Nggowo motor iki tekan Suroboyo piro mas?” (Bawa Motor ini dari Surabaya berapa mas).

Wah ternyata banyak sekali orang surabaya di sini. Pas makan, orang-orang di sekitar saya juga banyak yang berbahasa Suroboyoan.

Entah kenapa saya sangat senang banyak orang Surabaya di sini. Seperti ada temannya. Hikmahnya adalah. Ketika kamu main ke Balikpapan. Jangan khawatir. Akan banyak sekali suku, etnis dan ras yang berkumpul di sini. Konon katanya memang di sini kebanyakan adalah pendatang yang merantau untuk mengais rejeki.

Kamu orang surabaya yang merantau di Balikpapan? lek ketemu ojok lali nyopo aku yo rek!

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *