Tentang Mendoakan Orang Lain

Kita sering sekali berdoa untuk diri sendiri. Setiap selesai sholat, kita selalu menyempatkan waktu untuk berdoa. Untuk diri sendiri. Enteng jodoh, rejeki berlimpah, dijauhkan dari marabahaya.

Namun pernah gak sih untuk berpikir mendoakan orang lain?

Memang tidak ada salahnya berdoa untuk diri sendiri. Namun perlu juga kita untuk mendoakan orang lain. Begitu banyak teman kita yang kesusahan, begitu banyak saudara kita yang menderita di Suriah, begitu banyak orang yang belum bisa menikmati apa yang kita nikmati saat ini.

Lalu, sudahkah kita mendoakan orang tua kita? adik-adik kita? teman kita? Saudara kita? dan apakah sudah untuk pemimpin bangsa kita?

“Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik)

Dalam sebuah hadist riwayat Muslim Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa ketika seseorang mendoakan orang lain secara diam-diam, maka malaikat akan mendoakan dirinya seperti apa yang dimintakan terhadap orang itu.

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama,” (HR. Muslim no. 4912).

Ternyata mendoakan kebaikan sesama Muslim merupakan salah satu doa yang mustajab. Mendoakan orang lain dengan keikhlasan dan ketuluasan selain memberi manfaat kepada orang lain ternyata juga akan berdampak terhadap diri sendiri Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

“Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajabah. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus. Sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan, “Amin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.”

Itulah mengapa Rasulullah SAW memberikan teladan agar saling mendoakan sesama muslim. Karena Allah memberikan perhatian khusus terhadap hal ini, yakni dengan mendatangkan malaikat untuk mengaminkan langsung doa  baik yang dipanjatkan orang lain tersebut.

Karenanya jika mendoakan diam-diam, tentu saja doa yang sama akan kembali kepadanya  dan potensi dikabulkannya doa akan lebih besar dibandingkan jika kita mendoakan untuk diri  sendiri.

Semoga kita bisa saling mendoakan 🙂

satriahelmy

Blogger

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *