Begitu Mudahnya Kehilangan Pahala Amal

Kita kadang berbuat baik. Ngasih orang, sedekah, nolong orang. Itu tadi yang ke sesama manusia. Bagaimana dengan Allah? Kita mungkin solat, puasa, zakat, dsb.

Tapi, tahukah kamu? bahwa sebenernya apa yang kita lakukan sebegitu banyaknya bisa hilang dengan mudah?

Iya bisa.

Ketika kita melakukannya dengan riya. Iya melakukan amal agar dilihat orang lain. Lalu orang lain memujinya. Tapi, kadang secara gak sadar, ada rasa yang membuat kita melakukan riya. Lalu rasa itu mendorong diri kita untuk melaksanakan tindakan-tindakan yang menyebabkan apa yang kita lakukan tidak ikhlas.

Boleh saya mengutip sedikit ayat Alquran.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya’ kepada manusia dan tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadikan ia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatu pun dari apa yang mereka usahakan, dan Allah tidak memberi petunujuk kepada orang-orang kafir”. [al Baqarah : 264].

Setan memang tak henti-hentinya menggoda anak cucu adam. Begitu setan gagal menggoda manusia untuk berbuat keji, setan melaksanakan hal lain yaitu setidaknya amalan yang kita lakukan digagalkan.

Contoh mudahnya :

Kita solat malam, lalu tiba-tiba kita ngetweet.

“Nikmatnya bangun di sepertiga malam”

Dan mungkin masih banyak contohnya.

Jadi guys. Mari kita sama-sama ngasih diri kita warning. Kebaikan yang kita lakukan ada baiknya agar hanya Allah lah yang membalas.

Semoga bermanfaat 🙂

satriahelmy

Blogger

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *