Apa itu Plugin pada WordPress?

plugin wordpress

WordPress sebagai sebuah CMS punya plugin yang bisa memudahkan kita dalam mendevelop web. Sebenernya apa sih plugin itu?

Plugin WordPress

Plugin adalah software yang menambahkan fitur tertentu pada suatu program tanpa mengharuskan kita mengubah program itu sendiri. Terkadang, tool ini juga disebut sebagai add-on atau extension. Di WordPress sendiri, software ini memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan fungsionalitas website.

Cara Menginstal Plugin

Ada beberapa cara untuk menginstal plugin di wordpress. Yang pertama yaitu dengan cara upload ke website kita. Yang kedua adalah dengan cara mencarinya pada website kita.

1. Login ke web wordpress kita

Pertama-tama kita tentu harus sudah punya website wordpress terlebih dahulu. Setelah itu, kita bisa login dengan cara namawebkita.com/wp-admin. Jika belum pernah melakukan instalasi wordpress, kamu dapat coba cek link berikut : cara instalasi wordpress di hosting

2. Klik Plugins – Add New

Pada dashboard, klik plugins, lalu klik Add new

3a. Opsi 1 : upload plugin – activate

Pada opsi pertama, kita dapat menggunakan upload plugin. Plugin nya bisa kita download dari berbagai macam sumber. Yang gratis dapat kita download di https://wordpress.org/plugins/. Kalo berbayar ada berbagai macam sumber, sesuai dengan keinginan kita.

Jika sudah, maka kita bisa melakukan aktivasi dengan cara klik tombol activate.

3b. Opsi 2 : search pluginnya – activate

Selain upload, kita juga bisa search plugin pada plugin library. Ini adalah mirror dari https://wordpress.org/plugins/ .

Kita dapat mencarinya pada kolom pencarian di sini

atau kita juga bisa langsung memilihnya.

Misalnya kita mau install woocommerce, kita bisa klik saja install now

Jika sudah, maka klik activate.

4. Plugin telah selesai diinstall

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman? sangat mudah kan?. Plugin sendiri bisa memberikan fungsionalitas yang sangat bervariasi. Mulai yang receh sampai yang canggih seperti menyulap web kita menjadi toko online.

Di post-post berikutnya saya akan coba tulis beberapa plugin yang mungkin berguna buat temen-temen.

Semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Leave a Comment

ARCHIVE