Pengalaman Pake Sony A5000

Halo guys. Beberapa bulan ini saya make Sony A5000 sebagai kamera saya.

Latar belakang beli kamera ini adalah ketika saya mencoba mencari kamera yang ramping dan bisa dibawa ke mana saja. Tapi aspek kualitas juga harus bagus. Oleh sebab itu saya beli kamera Mirrorless. Apa itu kamera mirrorless? Mirrorless atau Mirrorless Interchangeable-Lens Camera adalah kamera tanpa cermin. Kalo di DSLR kan ada cermin yang dipake untuk memantulkan cahayanya. Makanya ukurannya lebih besar. Beda dengan Mirrorless, ini adalah teknologi yang lebih ringkas, tapi lensanya juga bisa diubah-ubah seperti DSLR.

Yang mau tahu lebih detail bisa baca artikel yang saya dapat di sini

Nah selanjutnya masalah merk, pertimbangan saya cukup rumit. Karena semua punya kelebihannya masing-masing. Saya pilih Sony karena saya rasa autofokusnya sangat cepat dan gambar yang dihasilkan cukup detail. Lalu low lightnya juga bagus. Selain itu, karena autofokusnya yang cepat, maka Sony bagus buat video. Kan aneh aja gitu kalo ngerekam video tapi fokusnya malah ke background. Orangnya malah ngeblur :).

Lalu kenapa Sony A5000? pertama harganya cukup murah di antara Kamera Sony dengan E-Mount yang lain hahaha. Selain itu, ya karena mirrorless. Lensanya bisa diganti-ganti.

Lensa bawaanya adalah 16-50 mm. Sudah cukup untuk sebuah lensa yang bisa dizoom. Tapi bukaannya masih kurang lebar jadi efek bokeh natural kurang bisa didapet. Jadi bisa diakalin pake telefoto supaya bisa dapet bokeh yang cakep.

Kualitas? secara kualitas cukup puas sama kinerjanya Sony A5000. Cukup mumpuni buat foto-foto. Soalnya cukup tajam dan autofokusnya saya sangat kagum. Cepet banget.

Lagi-lagi kalo masalah autofokusnya, saya cukup senang karena cepet banget. Dan ini mantep banget buat video.

Ukurannya yang cukup kecil enak banget bisa dimasukin tas ransel. Gak perlu berat-berat kaya bawa DSLR.

Kalo mau lihat hasil-hasilnya, langsung aja cari di instagram saya yang emang khusus foto-foto. @helmy.creative

Beberapa waktu yang lalu saya beli lensa yang 50mm F1.8 dan hasilnya bokeh dan tajam. Kinerja di low lightnya pun juga semakin bagus.

Oke tapi yang bikin nangis dari kamera ini adalah harga lensanya yang mahal parah. Kemarin beli yang 50 mm f 1.8 aja 3 jutaan. Belum lagi lensa yang lain. Tapi overall kinerjanya juga bagus sih. Gak menyesal beli lensa itu.

Here are some photos

 

Grab the moments #1 #concert #music #doc #photo #jepret #moments

A post shared by Helmy Portfolio (@helmy.creative) on

Oke sekian dari saya. Kalo ada yang nanya-nanya langsung aja komen di bawah ya.

Terima kasih 🙂

Comments

comments

satriahelmy

Blogger

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *