KBA KarangJoang. Kampung Berseri anti Kampungan

Apa yang terlintas di benak kita kalo mendengar kata kampung? Pasti di pikiranmu banyak yang mengira kalo kampung itu selalu kumuh, kotor, dan sesak. Atau mungkin yang ada di pikiranmu adalah desa yang sangat tertinggal. Infrastruktur kurang. Dan masih banyak lagi. Image kampung inilah yang mendorong akhirnya tercipta sebuah kata yaitu Kampungan.

Namun ini sangat berbeda ketika kita melihat Kampung berseri Astra di Karang Joang. Kita akan banyak menemukan hal yang menarik di sini.

Memang bahwa KBA merupakan sebuah program dari Astra untuk memberdayakan kampung agar menjadi wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif melalui 5 pilar. Dan ini menjadikan KBA Karang Joang menjadi Kampung yang tidak kampungan.

Warga lansia yang giat berolahraga

Usia yang sudah tak muda bukan menjadi halangan bagi lansia di KBA Balikpapan untuk terus berolahraga. Selain itu, mereka juga rajin mengecek kesehatan dari Astra.

Anak-anak yang giat belajar di Rumah Pintar

Ada juga Rumah pintar yang biasa digunakan untuk belajar. Terdapat berbagai macam buku di sana. Dan ada juga komputer yang dapat digunakan untuk berinternet ria.

Penduduk memproduksi Buah Belimbing Madu

Kota Balikpapan jarang memproduksi buah? Hal ini merupakan anggapan yang salah. Ternyata ada juga buah Belimbing Madu yang ada di KBA Balikpapan ini. Tanaman ini diproduksi oleh masyarakat sekitar.

Produksi Kain Majun di Rumah-rumah

Kain majun adalah kain yang digunakan untuk mengelap mesin traktor. Kain kaos yang biasanya hanya sebagai limbah, kali ini dijahit sedemikian rupa hingga akhirnya menjadi kain majun. Sampai saat ini kelompok kerja srikandi memproduksi sekitar 4 ton per bulan.

Jembatan manggar yang dulu ambruk, kini berdiri kembali

Jembatan Manggar ini dulunya ambruk dan tidak dapat dilewati. Perekonomian lumpuh dan kegiatan warga terganggu. Tapi sekarang kita bisa melintasi jembatan dengan lihai dan aman. Pemandangan di sini sungguh indah dan instagrammable.

Nah itulah KBA Karangjoang, Kampung berseri yang tidak kampungan

 

Comments

comments

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *