#GaragaraListrikNaik? Mungkin Lebih ke #EnergiBerkeadilan

Halo guys. Mulai saat ini, Blog ini bekerjasama dengan kementrian akan memberikan informasi dari Pemerintah melalui Kominfo. Semuanya akan dirangkum dalam rubrik #DariKementrian. Untuk diskusi awal ini akan ada penjelasan mengapa sih kok tarif listrik menjadi naik? Hmm. Sebenernya gak naik kok. Cek tulisan di bawah ini ya.

———————————————-

Bulan Mei lalu adalah tahap akhir penyesuaian tarif listrik subsidi. Penyesuaian tarif pertama terjadi di bulan Januari, disusul penyesuaian tarif tahap dua di bulan Maret.

Kemarin, #GaraGara ListrikNaik sempat menjadi trending topic di Twitter. Dari perspektif saya yang bisa saja salah, mereka tidak memahami bahwa subsidi listrik paling besar dinikmati oleh pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA yang mencapai Rp. 49,32 Triliun (87%). Namun demikian, pada dua golongan pelanggan ini masih terdapat rumah tangga yang tidak layak disubsidi​.

Pemerintah memandang perlu memulai pengalihan dana subsidi kepada masyarakat miskin dan tidak mampu khususnya di golongan​ ​pengguna 900VA​. ​Selain belum tepat sasaran, pola subsidi listrik bagi pelanggan mampu juga tidak memenuhi prinsip keadilan, karena masih banyak saudara-saudara kita yang belum sepenuhnya menikmati listrik, bahkan belum terlistriki sama sekali.

​Apabila ada rumah tangga yang bukan termasuk kriteria penerima subsidi listrik, LAPORKAN! ke subsidi.djk.esdm.go.id

Penjelasan lengkapnya bisa lihat di Infografis di bawah ini. Semoga bermanfaat :

 

Comments

comments

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *