Chocolatey, Instal Program dengan Sebaris Kode

Kalo kamu pengguna linux pasti sudah biasa kalo install program pakai apt-get. Ini yang biasa disebut dengan Package Manager. Kalo di linux, biasanya kita tinggal ketikkan perintah berikut :

apt-get install <nama program>

Nah ternyata di windows juga bisa lo kaya gitu. Jadi kita tinggal ketikkan saja di cmd dan foila, program akan terinstall. Program yang saya maksud di sini bahasa lainnya adalah Package.

Di windows, kita harus menginstal dulu Package Manager nya yaitu dengan menggunakan Chocolatey. Apa itu Chocolatey? Chocolatey adalah sebuah Package Manager yang berguna untuk install, update dan unistall. Semuanya dalam satu baris kode. Enaknya sih di Chocolatey langsung dari sumber yang terpercaya dan dukungan untuk update selalu ada.

Untuk instalasi Chocolateynya bisa dilihat di sini –> Instalasi Chocolatey

atau bisa juga copykan code berikut di CMD

@"%SystemRoot%\System32\WindowsPowerShell\v1.0\powershell.exe" -NoProfile -InputFormat None -ExecutionPolicy Bypass -Command "iex ((New-Object System.Net.WebClient).DownloadString('https://chocolatey.org/install.ps1'))" && SET "PATH=%PATH%;%ALLUSERSPROFILE%\chocolatey\bin"

Nah kalo mau install tinggal instalasi sebagai berikut. Sebagai contoh, saya mau install adobe reader. Tinggal ketikkan code berikut di CMD :

choco install adobereader

Daftar package bisa dilihat di sini -> Package Chocolatey

Oke. Segampang itu. Selamat mencoba guys!

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *