Cara Setting VSCode untuk Ngoding Go

Cara Setting VSCode untuk Ngoding Go

Halo semua. Di tulisan kali ini, kita akan coba mengintegrasikan visual studio code supaya enak ngoding Go. Tapi sebelumnya, kita perlu instal go terlebih dahulu. Caranya sudah pernah saya tulis di sini : Cara Instalasi Go Lang di Windows

Apa itu VS Code?

VSCode, atau Visual Studio Code, adalah editor kode sumber terbuka yang dikembangkan oleh Microsoft. Ini adalah salah satu editor kode yang populer dan digunakan secara luas oleh pengembang perangkat lunak. VSCode memiliki sejumlah fitur yang membuatnya menarik bagi para pengembang, termasuk:

  1. Ringan dan Cepat: VSCode dirancang untuk menjadi ringan dan responsif, memungkinkan penggunaannya pada berbagai platform dan konfigurasi perangkat keras.
  2. Dukungan untuk Banyak Bahasa Pemrograman: VSCode mendukung banyak bahasa pemrograman dan menyediakan ekstensi yang dapat diinstal untuk mendukung bahasa atau kerangka kerja tertentu.
  3. Ekstensi yang Kaya: Ada ribuan ekstensi yang tersedia untuk VSCode yang dapat diinstal untuk menyesuaikan dan memperluas fungsionalitas editor sesuai kebutuhan pengembang.
  4. Integrasi Git: VSCode memiliki integrasi yang baik dengan sistem kontrol versi Git, memudahkan pengelolaan perubahan kode dan kolaborasi tim.
  5. Debugger Terintegrasi: VSCode menyediakan debugger terintegrasi untuk berbagai bahasa pemrograman, memungkinkan pengembang mengidentifikasi dan memperbaiki bug dengan lebih efisien.
  6. Terminal Terintegrasi: VSCode menyertakan terminal terintegrasi yang memungkinkan pengguna menjalankan perintah shell langsung dari editor, memberikan pengalaman pengembangan yang lebih mulus.
  7. Dukungan Pengembangan Web: VSCode memiliki dukungan yang baik untuk pengembangan web, termasuk HTML, CSS, dan JavaScript. Ini juga mendukung kerangka kerja JavaScript dan TypeScript seperti Angular, React, dan Vue.
  8. Integrasi Cloud: Ada ekstensi dan integrasi yang memungkinkan pengguna bekerja dengan berbagai layanan cloud seperti Azure, AWS, dan Google Cloud Platform.
  9. Lintas Platform: VSCode dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi termasuk Windows, macOS, dan Linux.

Visual Studio Code bersifat gratis dan open source, membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan pengembang perangkat lunak yang mencari editor yang kuat, ringan, dan dapat disesuaikan untuk kebutuhan pengembangan mereka.

Cara Instalasi VS Code

Cara instalasi VSCode sangat mudah, kita hanya perlu download installernya di sini : https://code.visualstudio.com/download

Lalu instal seperti biasa. Jika kita buka, tampilan vscode adalah seperti berikut ini

Konfigurasi Go Extension

Untuk memudahkan kita ngoding Go Lang di VSCode, kita perlu Go Extension. Cara menginstalnya, klik icon extension di sidebar kiri.

Ketikkan Go, pilih Go, lalu instal. Jika sudah maka akan tampil seperti berikut.

Manfaat dari extensi ini macam-macam. Salah satunya adalah kita akan mudah mencari definisi fungsi kita secara cepat tanpa perlu cari-cari terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *