Cara Instalasi Golang di Windows

Cara Instalasi Golang di Windows

Halo semua. Di tulisan kali ini, kita akan coba untuk menginstal golang di windows.

Apa itu Golang?

Go, atau sering disebut sebagai Golang, adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google. Bahasa ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Go dirancang dengan tujuan untuk menyederhanakan pengembangan perangkat lunak dengan menyediakan kinerja yang tinggi, produktivitas pengembangan, dan kemampuan skalabilitas.

Beberapa fitur utama dari Go meliputi:

  • Sederhana dan Mudah Dipahami: Go memiliki sintaks yang bersih dan sederhana, membuatnya mudah dipahami oleh pengembang, terutama bagi mereka yang telah memiliki pengalaman dengan bahasa pemrograman lain.
  • Kinerja Tinggi: Go dirancang untuk memberikan kinerja yang tinggi, baik dalam hal eksekusi kode maupun waktu kompilasi.
  • Kerja Bersama (Concurrency): Go memasukkan dukungan bawaan untuk pemrograman konkuren (concurrency) dan paralelisme. Pemrograman konkuren di Go didukung oleh goroutine, yang merupakan unit eksekusi ringan, dan saluran (channel) untuk berkomunikasi antar goroutine.
  • Manajemen Memori Otomatis: Go menggunakan pengumpul sampah (garbage collector) untuk manajemen memori, sehingga pengembang tidak perlu secara eksplisit mengelola alokasi dan dealokasi memori.
  • Tooling yang Kuat: Go dilengkapi dengan sejumlah besar alat pengembangan bawaan, termasuk pemutakhiran kode otomatis, pemutakhiran dependensi, dan banyak lagi.
  • Dukungan untuk Pengembangan Perangkat Lunak Besar: Go dirancang dengan skala besar dalam pikiran dan dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis perangkat lunak, dari proyek-proyek kecil hingga sistem yang kompleks.

Go banyak digunakan dalam pengembangan perangkat lunak backend, sistem distribusi, aplikasi server, dan proyek-proyek lainnya. Pemrograman konkuren, kinerja tinggi, dan kesederhanaan bahasa membuat Go menjadi pilihan yang populer di kalangan pengembang perangkat lunak modern.

Instalasi Go

Untuk menginstal go, kita bisa pergi ke https://go.dev/dl/. Kita download yang Microsoft Windows. Tapi jika kamu pakai yang lain, bisa pilih aja selain itu.

Setelah itu, langsung double klik aja installernya (jika di windows).

Tunggu sampai selesai.

Cek Instalasi

Selanjutnya, kita bisa cek apakah instalasi kita udah berhasil atau belum dengan cara mengetikkan go version. Jika berhasil, akan keluar informasi seperti berikut ini.

Oke, itulah tadi adalah cara melakukan instalasi golang di windows. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *