Sumber Data Tableau

sumber data tableau

Halo semua. Kali ini kita akan belajar tentang sumber data apa saja yang dapat kita gunakan untuk menggunakan Tableau. Bagi yang belum mengenal tableau, mungkin dapat berkenalan dengan Apa itu Tableau pada post berikut.

Tableau sendiri mensupport banyak sekali pilihan sumber data. Secara sederhana, dibagi menjadi 2 jenis sumber data. Yaitu sumber data file, dan sumber data server.

Sumber data file

Sumber data file adalah sumber data yang didapatkan dari file. Sumber data file ini antara lain adalah dari excel, text, json, ms access, PDF, spatial file, dan statistical file. Kalo sumber datanya csv masuk mana? jika sumber datanya adalah .csv maka menggunakan text.

Sumber data Server

Nah untuk server, kita dapat menghubungkan tableau dengan berbagai macam server database. Beberapa contohnya adalah Mysql, Oracle, Postgre bahkan Google Sheets. Lebih lengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Banyak banget kan? kita dapat menggunakannya untuk visualisasi data kita.

Cara Menggunakannya

Cara menggunakannya, tentu saja kita hanya perlu membuka Tableau Desktop atau Tableau Public saja. Selanjutnya, kita pilih sesuai dengan jenis data yang kita miliki.

Pemilihan sumber data dapat kita temui pada awal saat kita membuka Tableau.

Jika sudah diimport, maka akan tampil seperti berikut

Nah itu saja pembahasan mengenai sumber data Tableau. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment

ARCHIVE
KATEGORI