Mengenal Canva untuk Tools Desain

kenalan sama canva

Beberapa tahun terakhir, tools desain semakin lama semakin banyak. Salah satu yang paling banyak menyedot perhatian adalah Canva.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Canva.

Apa itu Canva?

Canva adalah tools desain berbasis cloud yang bisa kita gunakan untuk membuat berbagai macam desain. Beberapa di antaranya adalah : presentasi, sosial media post, logo, icon, cover, dan masih banyak lagi. Canva sendiri mulai muncul pada 2013.

Cara mengakses Canva sangat mudah, kita bisa akses melalui websitenya di canva.com atau melalui aplikasi android atau ios.

Mengapa Memilih Canva?

Kenapa sih kita memilih canva?

1. Banyak template desain

2. Gratis

3. Banyak variasi jenis desain

4. Cloud based

5. Bisa digunakan multi user

Menggunakan Canva

Jika akan menggunakan Canva, maka kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Bisa menggunakan email, atau menggunakan Single Sign On seperti Login with Google atau Login with Facebook.

Setelah itu, kita bisa pilih Create A Design

Selanjutnya kita bisa pilih, kita akan mendesain apa. Misalnya saja Instagram Post. Maka otomatis lembar kerja kita akan menyesuaikan dengan ukuran Instagram Post.

Di sebelah kiri akan tampil toolbar sebagai berikut

Template untuk memilih template yang bisa kita gunakan. Template merupakan sebuah desain bawaan dari Canva. Kita bisa edit warna, bentuk dan tulisannya.

Elements adalah sebuah tools yang berisi komponen dari desain. Bisa berupa background, sound, frame dan lain sebagainya.

Upload adalah fitur untuk mengupload foto kita ke Canva

Photos bisa kita gunakan untuk memilih foto bawaan dari Canva

Text untuk menambah dan mengatur tulisan

Logos untuk menambah dan mengatur logo

Cara Export

Setelah selesai desain, kita bisa export ke berbagai macam jenis file. Ada foto, pdf, mp4 bahkan gif. Cara exportnya kita bisa akses pada tombol download.

Selesai.

Beberapa Karya Saya di Canva

Saya sudah mencoba Canva dan inilah beberapa hasilnya

Itulah tadi perkenalan singkat dengan Canva. Semoga bermanfaat~

Leave a Comment

ARCHIVE