Pengalaman Investasi Reksadana di Tokopedia

Halo rekan-rekan, sobat invest. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang pengalaman saya berinvestasi Reksadana di Tokopedia.

Sebagaimana kita tahu bahwa Tokopedia adalah sebuah marketplace yang banyak banget fiturnya. Salah satu yang saya pake adalah Reksa Dana.

Reksa Dana

Reksa Dana adalah sebuah wadah tempat kita menyimpan uang, lalu dari wadah tersebut terdapat manajer investasi yang bertugas untuk mengelola uang tersebut untuk diinvestasikan ke instrumen investasi lainnya. Kata kunci dari reksadana adalah Manajer Investasi. Dengan adanya Manajer Investasi inilah yang membuat reksadana menjadi lebih sederhana daripada saham.

Jadi cara gampangnya kita titip uang lalu terima hasilnya aja.

Bagaimana cara memulainya?

Cara awalnya tentu saja adalah menginstall aplikasi Tokopedia dan mendaftar akunnya di sana. Selanjutnya, cari menu reksa dana yang iconnya seperti berikut :

Selanjutnya, kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk menjadi investor. Kita harus mengisi data-data yang dibutuhkan. Termasuk data scan KTP dan tanda tangan kita. Tidak lebih dari seminggu, data kita akan diverifikasi dan kita akan dapat melakukan investasi reksa dana.

Pilihan Produk

Memang pilihan produk dari Tokopedia Reksa Dana ini belum sebanyak provider lainnya ya. Hanya ada 2 produk. Yaitu Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra dan Syailendra Dana Kas.

Cara menggunakan

Selanjutnya, jika akun kita sudah diterima, maka kita dapat berinvestasi dengan cara membeli reksa dana. Yang ajaib dari investasi di sini adalah kita dapat mulai berinvestasi dengan nominal berapapun. Misal kita punya uang 50 ribu, dari pada gak dipake, kita bisa masukkan ke reksadana.

Caranya sangat mudah, kita tinggal klik beli pada produk yang kita inginkan. Lalu kita akan membayar sejumlah uang yang kita beli. Saran saya, pilihlah pembayaran dengan virtual account atau Ovo. Karena tidak dikenakan biaya sedikitpun.

Cara menjualnya juga tergolong mudah. Kita tinggal klik jual, lalu kita akan diminta memasukkan password akun dan OTP untuk keamanan.

Oiya, berbeda dengan penyedia jasa lainnya, Tokopedia langsung memberikan uang yang kamu cairkan pada hari itu juga. Jadi cukup aman untuk menabung dan bisa kita ambil sewaktu waktu.

Imbal Hasil

Imbal hasil dari kegiatan investasi ini diberikan tiap hari kecuali hari sabtu dan minggu. Imbal hasil dari hari sabtu dan minggu dibayarkan ketika sudah hari senin.

Kelebihan Investasi Tokopedia Reksadana

  • Pendaftaran mudah dan cepat
  • Dapat dicairkan sewaktu waktu

Kekurangan Investasi Reksadana Tokopedia

  • Produknya masih sedikit

Simpulan

Pada akhirnya, Tokopedia merupakan salah satu alternatif investasi. Meskipun dengan return yang masih tergolong kecil, investasi reksa dana di tokopedia memiliki keuntungan yaitu kemudahan pencairan yang langsung cair saat itu juga. Cocok untuk berjaga-jaga sebagai cashflow.

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *