Pengalaman Investasi di Alami

Halo sobat invest, kali ini saya akan bercerita pengalaman saya beberapa bulan terakhir mendanai P2P Lending Syariah yaitu Alami. Alami sendiri adalah salah satu P2P Lending Syariah berjenis invoice financing.

Saya tahu Alami dari IG nya Felicia Putri yang mau tampil di webinar Alami. Akhirnya saya ikut dan akhirnya kenalan sama yang namanya P2P Lending.

Pembahasan kali ini akan saya mulai dengan sedikit penjelasan tentang P2P Lending itu sendiri lalu pengalaman saya mendanai di Alami Sharia.

Apa itu P2P Lending?

P2P lending merupakan salah satu jenis sistem layanan keuangan yang berbasis teknologi informasi (fintech).

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), regulator yang mengawasi industri P2P, fintech atau financial technology adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah inovasi pada industri jasa keuangan yang memanfaatkan penggunaan teknologi. Produk fintech biasanya berupa suatu sistem yang dibangun guna menjalankan mekanisme transaksi keuangan yang spesifik.

Nah, P2P lending adalah salah satu dari jenis inovasi industri jasa keuangan dengan penggunaan teknologi ini.

P2P lending adalah sistem yang mempertemukan pemilik dana (pendana) kepada pihak yang memerlukan pembiayaan, tanpa harus bertemu langsung.

Dalam praktiknya di ALAMI, P2P Lending melibatkan 3 pihak utama:

  1. Pendana, yaitu mereka yang ingin menyalurkan dananya.
  2. Penerima Pembiayaan, yaitu UKM yang membutuhkan pembiayaan.
  3. Penyelenggara, yaitu ALAMI, yang mempertemukan Pendana dan Penerima Pembiayaan, menyediakan marketplace berikut sistem dan semua prosesnya, serta menyiapkan produk yang bisa diakses Pendana dan Penerima Pembiayaan, misalnya saat ini yang sudah berlangsung adalah produk Invoice Financing.

Akses Alami

Alami sendiri saat ini dapat diakses melalui website Alami atau bisa juga melalui aplikasi mobile. Sayangnya masih ada di Android aja. Akses Alami Mobile Apps di sini. Tapi emang kalo menurut saya, Apps Android nya agak sedikit berat.

Silakan mendaftarkan saja seperti kita mendaftarkan website seperti biasa menggunakan KTP dan NPWP.

Sistemnya sama dengan platform investasi lain, kita harus mengisi Rekening Dana Funder sebelum kita bisa berinvestasi. Sayangnya RDF yang tersedia masih Bank BNI. Jadi kalo kamu dari bank lain, instal aja aplikasi seperti Flip untuk transfer ke bank BNI, supaya gak kena biaya.

Pengalaman Pendanaan Alami

Saya sudah mendanai 4 pendanaan yang sudah selesai dan ada beberapa pendanaan lagi yang masih on going dengan total pendanaan 9.000.000 dan return atau bisa disebut ujrah 154.965. Dengan detail, 3 pendanaan dipercepat dari jatuh tempo dan 1 pendanaan yang tepat waktu.

Konsekuensi kalo pendanaan dipercepat adalah, return secara hasil memang jadi lebih kecil. Tapi uang kamu udah kembali ke RDF dan kamu bisa menggunakannya untuk pembiayaan lainnya.

Estimasi return atau ujroh sekitar 13-15% p.a.

Group Alami Community

Saya juga tergabung di Grup Alami Community. Di sana saya dapat info-info pembiayaan yang sedang dibuka dan kadang juga ada event-event seperti webinar dan kulwap yang bisa membantu pencerdasan tentang P2P di Alami itu sendiri.

Simpulan

Pada akhirnya, Alami merupakan salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi.

Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silakan tanyakan di komen ya. Insya Allah akan saya update postnya dengan jawabannya.

satriahelmy

Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *