Berkenalan dengan Python

Halo semua. Di kesempatan kali ini, saya akan sedikit membahas tentang python. Beberapa hari ini, saya cukup sering belajar tentang python. Baik untuk pekerjaan, maupun iseng belajar aja. Nah daripada ilmu menguap begitu saja, saya mau sharing di blog ini dan sekalian untuk bahan catatan saya agar tidak lupa. Ok. Langsung saja, kita mulai series belajar python kali ini dengan berkenalan dengan python.

Apa itu Python?

Python terdengar seperti sebuah nama ular. Tapi memang lambang dari python adalah sebuah ular. Python adalah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general-purpose programming dan termasuk dalam kategori high-level programming language. Sebagai general-purpose programming language, Python digunakan untuk berbagai macam permasalahan seperti: pengembangan aplikasi web ataupun mobile, data science, dll. Python masuk ke dalam kategori high-level programming language dikarenakan bahasa pemrograman Python yang mudah untuk dibaca dan dituliskan oleh manusia.

Bahasa  pemrograman  Python  diciptakan  oleh  Guido  van Rossum dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 sebagai sebuah proyek open-source. Lisensi dari Python bersifat open-source dari Python, atau dengan kata lain setiap orang dapat mengembangkan program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman Python baik untuk tujuan komersil/non-komersil.

Instalasi Python

Untuk menginstal python sendiri, kita bisa ada beberapa cara dan setiap sistem operasi juga berbeda-beda caranya. Namun, saya sendiri, untuk belajar menggunakan anaconda yang di dalamnya terdapat Jupyter Notebook. Jika temen-temen punya metode lainnya, juga silakan.

Untuk mendownload anaconda bisa cek link berikut.

Jika sudah menginstall, buka Anaconda Navigator. Lalu klik Launch

Nanti, akan terbuka halaman jupyter notebook kita di browser. Lalu kita bisa melakukan new file seperti kode editor biasanya.

Struktur Bahasa

Di python sendiri, terdapat beberapa perbedaan dari bahasa pemrograman kebanyakan. Yaitu tidak adanya penggunaan titik koma di akhir statement (;) dan penggunaan indentasi sebagai satu blok program. Jadi kita gak perlu titik koma untuk mengakhiri statement dan kita tidak perlu kurung kurawal untuk menjelaskan lingkup blok kode. Agak kurang terbiasa memang, tapi lama-lama akan termudahkan.

Oke mungkin itu dulu ya kenalan sama python. Kita akan kenalan lebih dalam lagi di beberapa post ke depan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *