Beli Reksadana Pakai Bibit

Beli Reksadana Pakai Bibit

Akhir-akhir ini banyak banget yang menyuarakan tentang investasi. Salah satu cara yang bisa kita tempuh sebagai pemula adalah dengan menggunakan reksadana. Salah satu tempat untuk membeli reksadana adalah di Bibit. Post ini akan banyak bercerita tentang beli Reksadana Pakai Bibit.

Disclaimer

Saya bukan ahli di masalah reksa dana, postingan ini hanyalah berdasarkan pengalaman nyobain Bibit selama kurang lebih 2 tahun. Selain itu, ini juga bukan sebuah ajakan untuk membeli atau berinvestasi di Bibit. Seluruh keputusan investasi berada di tanggung jawab masing-masing.

Apa itu Reksadana

Mengacu kepada Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995, pasal 1 ayat (27) didefinisikan bahwa Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Ada tiga hal yang terkait dari definisi tersebut yaitu, Pertama, adanya dana dari masyarakat pemodal. Kedua, dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio efek, dan Ketiga, dana tersebut dikelola oleh manajer investasi.

Jenis-jenis reksadana (menurut website idx) adalah sebagai berikut:

  1. Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Funds)Reksa Dana jenis ini hanya melakukan investasi pada Efek bersifat Utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun. Tujuannya adalah untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal.
  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Funds)Reksa Dana jenis ini melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk Efek bersifat Utang. Reksa Dana ini memiliki risiko yang relatif lebih besar dari Reksa Dana Pasar Uang. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil.
  3. Reksa Dana Saham (Equity Funds)Reksa dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk Efek bersifat Ekuitas. Karena investasinya dilakukan pada saham, maka risikonya lebih tinggi dari dua jenis Reksa Dana sebelumnya namun menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi.
  4. Reksa Dana Campuran (Discretionary Funds)Reksa Dana jenis ini melakukan investasi dalam Efek bersifat Ekuitas dan Efek bersifat Utang.

Apa itu Bibit

Bibit adalah sebuah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membeli dan menjual produk reksadana. Bibit tersedia dalam bentuk aplikasi mobile dan website. Pendaftarannya full online dan bisa selesai dalam waktu kurang dari 1 minggu. Akses website bibit bisa diakses melalui link berikut.

Bila kamu ingin tahu lebih banyak tentang Bibit bisa dicek melalui laman FAQ berikut.

Reksadana yang Ada di Bibit

Di Bibit sendiri ada beberapa jenis reksadana. Ada Reksadana Pasar Uang (RDPU), Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT) dan Reksadana Saham (RDS).

Robot Bibit

Di Bibit, terdapat fitur robot. Robot berfungsi untuk menghitungkan rekomendasi komposisi reksadana sesuai dengan resiko kita. Awalnya kita akan diberikan pertanyaan terkait investasi yang sesuai dengan kepribadian kita. Maka akan keluar angka sesuai dengan tingkat resiko personal.

Pembagian Tujuan Investasi dan Perhitungan Investasi

Di Bibit, kita bisa mendefinisikan tujuan investasi kita. Kita akan diminta mengisi kebutuhan investasi, jumlahnya dan akan digunakan kapan. Bibit akan otomatis memberikan rekomendasi berapa uang yang harus ditabung.

Investasi Bareng

Di Bibit, kita bisa menggunakan investasi bareng. Tujuannya mungkin bisa kita gunakan untuk impian-impian yang sifatnya bersama orang lain. Seperti misalnya rumah impian bersama istri, dsb.

Caranya tinggal invite saja di masing-masing portfolio. Pastikan yang kamu invite punya akun Bibit juga ya.

Pengaturan Preferensi Syariah

Di Bibit, terdapat pula preferensi syariah. Jika kamu memilih syariah, maka reksadana yang akan tampil adalah hanya yang memenuhi standar syariah.

Cara mengaktifkannya, bisa dari halaman profil, lalu kita pilih saja Bibit Syariah.

Grup Support dan Event Bibit

Di Bibit, ada juga grup support yang di dalamnya juga ada investor di bibit dan ada official Bibit juga. Kita bisa nanya-nanya kalo ada yang kurang jelas. Grupnya akan tutup ketika malam dan buka lagi waktu pagi hari.

Nabung Otomatis

Di Bibit juga ada fitur autodebet yang memungkinkan kita untuk menjadwalkan menabung reksadana secara otomatis. Hal ini akan mempermudah kita supaya gak lupa dan supaya uang kita segera disisihkan agar tidak hilang dibelanjakan.

Kode Referal Bibit

Bibit juga ada kode referal yang memungkinkan kita untuk mendapatkan bonus ketika mengajak teman. Selain itu, teman yang menggunakan kode referal kita, akan mendapatkan cashback juga. Sama-sama menguntungkan.

Kamu juga bisa menggunakan kode saya helmysatria supaya kamu dapat bonus dan saya juga begitu.

Penutup

Sekian postingan saya menggunakan Bibit. Semoga menjadi pencerahan buat kamu yang mau belajar investasi dan mau nyobain Bibit juga.

Leave a Comment

ARCHIVE