Apa itu Hosting?

hosting

Halo semuanya! di kesempatan kali ini, saya akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan hosting atau biasa disebut dengan web hosting. Hosting sendiri adalah sebuah hal yang penting untuk pengembangan web masa kini. Dengan hosting, memungkinkan kita untuk membuat website dengan berbagai macam CMS atau dengan develop website kita sendiri.

Saya sudah pernah menulis tentang CMS. Kamu bisa menyimaknya di postingan ini.

Tapi sebenernya, apa itu Hosting?

Pengertian Hosting

Hosting atau web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file dan data website sehingga dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. File dan data website tersebut bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database.

Seperti sebuah rumah, hosting adalah rumah untuk web kita. Jika kita analogikan, hosting ini sebuah server yang berisi tempat penyimpanan yang bisa kita pakai untuk kebutuhan pembuatan web kita.

Hosting biasanya berkaitan dengan domain. Domain bisa diartikan adalah alamat dari website kita. Jika hosting adalah rumah, maka domain adalah alamat rumah kita. Domainlah yang kita ketik di web browser dan mengarah ke website yang sudah kita buat.

Jenis-jenis Hosting

Saya belum menemukan artikel yang pasti mengenai jenis-jenis hosting. Namun, beberapa yang saya tahu adalah Shared Hosting, Dedicated Hosting dan VPS. Apa perbedaan ketiganya?

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hosting yang servernya dipakai secara bersama-sama oleh banyak user sekaligus

Ibaratnya, Kita menyewa kamar kos yang hanya memiliki satu kamar mandi, dapur, listrik, dan air untuk dipakai bersama. Jadi, Kita harus berbagi fasilitas tersebut dengan penghuni lain. 

Begitu pula dengan shared hosting. Kita akan berbagi fasilitas hosting, seperti disk space, kecepatan, dan lainnya. Jadi, ketika satu user memakai sumber daya yang terlalu banyak, website Kita juga akan terkena imbasnya.

Namun, memang shared hosting ini sangat murah dan terjangkau. Untuk website yang belum terlalu banyak trafficnya, Shared hosting sangat cocok.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah server yang hanya digunakan oleh satu user saja. Dengan server yang didedikasikan untuk kita saja, kita tidak perlu khawatir website akan mengalami down. 

Kalau diibaratkan, dedicated hosting merupakan rumah pribadi yang kita beli dari pengembang rumah. Kita bebas mengatur dan mengelola rumah Anda.

Tentu saja jika dibandingkan dengan shared hosting, dedicated hosting memiliki harga yang cukup mahal.

VPS

VPS atau Virtual Private Server adalah jenis hosting pribadi yang resourcenya hanya dipakai oleh satu user saja. Sehingga, server tidak akan terpengaruh oleh penggunaan user lain. 

Di jenis hosting ini, Kita memiliki kebebasan untuk mengatur dan mengelola resource yang tersedia secara mandiri. Artinya, Kita perlu memiliki skill teknis pengelolaan server

Kalau dianalogikan, VPS ini ibaratnya satu kamar apartemen yang menyediakan fasilitas pribadi. Di mana setiap apartemen memiliki meteran listrik, air, kamar mandi, dan dapur sendiri. Berbeda dengan kos-kosan yang semua fasilitas tersebut jadi satu dengan kamar lainnya.


Selain itu, ada beberapa penyedia layanan hosting yang memiliki layanan seperti cloud hosting ataupun wordpress hosting. Setiap layanan punya spesifikasi masing-masing.


Nah sekian penjelasan mengenai hosting kali ini. Semoga bermanfaat ya.

Bagi kamu yang sedang cari hosting, dapatkan tambahan diskon 5% khusus untuk kamu. Caranya langsung saja klik helmysatria.com/niagahoster dan masukkan kupon HELMY untuk claim bonusnya.

Leave a Comment

ARCHIVE
KATEGORI